Wapres KH Ma'ruf Amin puji kemajuan pelayanan publik.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Wapres KH Ma'ruf Amin Puji Kemajuan Pelayanan Publik

Kamis, 21 Oktober 2021 - 18:57 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur -  Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin berkunjung ke Banyuwangi, Kamis (21/10/2021). Wapres memuji kemajuan pelayanan di kabupaten ini, salah satunya Mal Pelayanan Publik (MPP). MPP Banyuwangi berdiri sejak 2017. Inovasi ini yang pertama di kabupaten di Indonesia. Tempat ini mengintegrasikan 233 layanan dari 24 instansi, beberapa diantaranya di luar Pemkab.

Salah satu yang menjadi perhatian Wapres adalah layanan perizinan berusaha berbasis risiko melalui sistem Online Single Submission (OSS). Ada juga, administrasi kependudukan, paspor, layanan kementerian agama, kepolisian dan BPJS Kesehatan. Wapres juga menanyakan Pasar Pelayanan Publik yang pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo tahun lalu.

"Kalau Pasar Pelayanan Publik itu bagaimana?" tanya Wapres.

Selain MPP, Wapres melihat Lounge Pelayanan Publik di kantor Pemkab Banyuwangi. Mantan Ketua MUI tersebut melihat berbagai program-program kerakyatan di Banyuwangi.

“Saya harapkan seluruh Indonesia punya mal pelayanan publik, lounge pelayanan publik, dan pasar pelayanan publik,” tegas Wapres.

Pasar Pelayanan Publik merupakan pengembangan dari MPP. Tujuannya mendekatkan layanan kepada masyarakat. Pasar Pelayanan Publik terletak di Pasar Rogojampi dan Pasar Genteng. Keduanya di wilayah Banyuwangi selatan.

“Ini sekaligus menyemarakkan pasar tradisional. Warga bisa mengurus dokumen sambil berbelanja,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. (Happy Oktavia/hen)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
04:29
Viral