Rafael Alun Trisambodo.
Sumber :
  • Antara

KPK Cekal Istri Rafael Alun Ernie Meike Torondek hingga Kepala Kantor Pajak Jaktim Wahono Saputro ke Luar Negeri

Sabtu, 15 April 2023 - 00:10 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Dalam proses penyidikan terkait kasus Mantan Pejabat Pajak Rafael Alun Trisambodo (RAT) dalam dugaan gratifikasi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pencegahan kepergian ke luar negeri untuk beberapa pihak.

"Saat ini KPK telah mengajukan tindakan cegah agar tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terhadap lima orang yang diduga memiliki keterkaitan dengan proses penyidikan perkara Tersangka RAT (Rafael Alun Trisambodo)," kata Kabag Pemberitaan Ali Fikri, Jumat (14/04/2023).

Ali mengatakan pencegahan itu berlaku selama enam bulan ke depan. Dengan status sebagai saksi kasus korupsi RAT, maka penyidik dapat mengajukan perpanjangan pencegahan ke Ditjen Imigrasi Kemenkumham apabila diperlukan.

Para pihak yang dicegah diharapkan kooperatif hadir dan jujur menyampaikan seluruh hal yang diketahuinya terkait dugaan perbuatan penerimaan gratifikasi dari tersangka RAT," kata Ali.

Dalam keterangan terpisah, Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nur Saleh memastikan keluarga terdekat RAT termasuk dalam daftar lima nama tersebut.

Nama-nama tersebut adalah istri RAT Ernie Meike Torondek beserta anak Angelina dan anak Christofer, adik RAT Gangsar Sulaksono, serta Kepala KKP Jaktim Wahono Saputro.

"Saat ini semua nama tersebut tercantum dalam sistem daftar pencegahan berlaku 13 Apr 2023 s.d 13 Oktober 2023," kata Achmad Nur Saleh, Jumat (14/4) melalui pesan singkat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral