Prabowo Subianto saat diwawancarai awak media massa di Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu, (29/4)..
Sumber :
  • ANTARA

Ini Makna "Utang Budi" Prabowo Subianto pada Tanah Minangkabau

Minggu, 30 April 2023 - 17:00 WIB

Padang, tvonenews.com - Sabtu (29/4/2023) kemarin, Prabowo Subianto berkunjung ke Istano Basa Pagaruyung di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, guna memenuhi undangan pengukuhan gelar adat (batagak gala) Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) RI Afriansyah Noor. 

Lebih dari 2 jam berada di Istano Basa Pagaruyung mengikuti rangkaian pengukuhan gelar adat bagi Afriansyah Noor, Prabowo diberi kesempatan menyampaikan sekapur sirih.

Di hadapan para tetua adat, Prabowo mengaku terharu atas rasa cinta dan kesetiaan masyarakat Sumatera Barat kepadanya.

"Saya merasa mempunyai hubungan khusus dengan Tanah Minang dan rakyat Minangkabau," kata Prabowo.

Dengan rendah hati, ia merasa "berutang budi" kepada masyarakat Minangkabau. Secara eksplisit, Prabowo tidak menjelaskan makna utang budi yang dimaksud pada masyarakat Tanah Minang.

"Saya masih merasa berutang budi dengan Tanah Minang, dan belum bisa berbuat banyak," kata dia.

Namun, ia bertekad akan mencicil utang tersebut salah satunya dengan menyerahkan 20 unit ambulans yang diperuntukkan bagi rumah sakit umum daerah (RSUD) serta RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Tak hanya itu, eks Danjen Kopassus tersebut menyatakan akan membangun sebuah sekolah unggulan di Sumbar. Hal itu ia lakukan untuk membalas rasa cinta, kasih sayang dan kesetiaan masyarakat Minangkabau terhadapnya selama ini.

Pada kesempatan itu, ia menjelaskan alasan sekian purnama tidak manapakkan kaki ke provinsi tersebut. Belum bisa berbuat apa-apa bagi Sumbar menjadi faktor utama Prabowo seolah segan ke daerah itu.

Sambil tersedu dan penuh haru, anak dari Prof. Soemitro Djojohadikoesoemo itu tak menyangka hingga kini orang Minangkabau masih mengingat orang tuanya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral