Mendikbud Ristek Nadiem Makarim saat ziarah makam KH Hasyim Asy'ari 21 Oktober lalu.
Sumber :
  • tvOne/Umar Sanusi

Wisata Religi Makam Gus Dur Dibuka 1 November

Kamis, 28 Oktober 2021 - 20:37 WIB

Jombang - Setelah selama 19 bulan ditutup untuk peziarah, objek wisata religi Makam KH Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur segera dibuka. Objek wisata religi Makam Gus Dur ini akan dibuka untuk umum mulai 1 November 2021.

Rencana pembukaan Makam Gus Dur ini disambut gembira oleh para pedagang dan warga sekitar. Para pedagang dan warga banyak yang menggantungkan pendapatan dari kunjungan peziarah. Sebelum Makam Gus Dur dibuka, Mudir Pondok Pesantren Tebuireng, KH Lukman Hakim mengingatkan ada sejumlah syarat yang harus ditaati peziarah.

"Sesuai surat edaran Pondok Pesantren Tebuireng yang ditandatangani KH Abdul Hakim Mahfudz, area makam Mbah Hasyim dan makam Gus Dur akan dibuka pada tanggal 1 November 2021 mendatang," jelas Lukman pada Kamis (28/10/2021) di area Makam Gus Dur.

Keluarga besar Tebuireng telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk kematangan rencana pembukaan kembali wisata religi Makam Gus Dur.

Lukman juga menambahkan, ada beberapa ketentuan yang harus ditaati peziarah dan berlaku sejak waktu pembukaan. Ketentuan tersebut antara lain, wajib memakai masker dan telah divaksin Covid-19 dosis kedua.

"Selain itu peziarah harus mematuhi prokes, terutama masker. Tidak ada toleransi bagi peziarah yang tidak memakai masker. Peziarah juga harus telah divaksin dosis kedua. Selain itu juga, harus mencuci tangan pada tempat yang telah kami sediakan dan tidak boleh berkerumun," tambah Lukman.

Pihak Pesantren Tebuireng akan melakukan evaluasi berkala mengenai ketentuan di Area Makam Gus Dur agar pengunjung bisa berziarah dengan tenang dan aman.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral