Tak Hanya Tio Pakusadewo, Seorang Sipir Membongkar Sisi Gelap Lapas Indonesia.
Sumber :
  • Kolase tim tvOnenews.com

Ada Transaksi Handphone Dalam Penjara? Tak Hanya Tio Pakusadewo, Sipir Ini Juga Beberkan Sisi Gelap Lapas

Sabtu, 13 Mei 2023 - 18:41 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Perlahan kebobrokan lembaga pemasyarakatan (lapas) di Indonesia ini. Selama ini tak ada yang membuka suara bagaimana kehidupan di dalam penjara Indonesia, hingga akhirnya aktor senior, Tio Pakusadewo mulai membongkar semuanya.

Tio Pakusadewo secara blak-blakan mengumbar kebobrokan di balik penjara, kini secara bergantian, berbagai pihak turut buka suara, mulai dari mantan narapidana hingga sipir penjara.

Seperti dalam pembicaraan antara Uya Kuya dan salah seorang sipir yang dirahasiakan identitasnya pada kanal Youtube Uya Kuya. 

Sipir tersebut menceritakan kisah di balik penjara tak begitu menakutkan untuk narapidana tertentu, mereka justru hidup bak raja dengan segala kebebasannya.

Dirinya mengungkapkan umumnya para narapidana diberikan makanan sehari-hari dari beras berkualitas rendah yang disebut nasi cadong.

"Makanan di situ ada nasi cadong yang kalau 5 menit pertama anget, 5 menit berikutnya kayak bola bekel dan itu tidak layak lah kalau mau makan makanan enak harus di kantin dan harganya mahal," tanya Uya Kuya.

“Betul, karena memang jatah beras yang ada pada Lapas dan rutan di DKI ya. Jatah yang paling kualitas paling rendah karena memang anggaran yang diberikan negara itu 16.000 per 3 kali makan, DKI justru paling rendah," jawab sang sipir.

Oleh karenanya, banyak narapidana yang menjalankan bisnis narkoba di balik penjara demi memenuhi kebutuhannya. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:01
03:48
05:06
00:54
05:57
02:20
Viral