Ilustrasi. Penyakit Sifilis.
Sumber :
  • tim tvonenews

Memprihatinkan! Penyakit Sifilis Meningkat Hingga 70 Persen, Efeknya Kemana-mana

Kamis, 25 Mei 2023 - 17:10 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Data terbaru yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan RI menunjukkan fenomena memprihatinkan di masyarakat Indonesia. Yakni, kasus penyakit sifilis meningkat hingga 70 persen dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Sifilis oleh masyarakat Indonesia dikenal sebagai penyakit raja singa. Tak hanya hanya menyerang orang dewasa, penyakit ini juga bisa menyerang anak-anak. 

Sifilis biasanya ditandai dengan area kelamin yang gatal dan luka. Penyakit yang muncul akibat bakteri Treponema pallidum ini muncul karena perilaku seksual, misalnya, melakukan hubungan seksual oral dan anal.

Anak-anak bisa tertular sifilis dari orang tuanya, terutama terjadi dari ibu saat hamil dan melahirkan.

Kondisi ini tentu bisa merenggut hak anak untuk bisa hidup sehat. Bahkan, tidak sedikit anak yang terpapar sifilis sejak dalam kandungan, meninggal dunia ketika dilahirkan.

(Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril. Sumber: ANTARA)

"Perilaku seks orang tua yang berisiko, baik anal maupun oral ini sangat mencederai hak anak. Bukan cuma kematian, sifilis juga bisa menyebabkan anak cacat," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril, beberapa waktu lalu.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral