Kolase: Penyakit klamin menular sifilis (kanan) dan kaum homoseksual (kiri).
Sumber :
  • Istimewa

Ini Alasan Penyakit Sifilis Kerap Menyerang Pasangan Homoseksual, Simak Penjelasan Dokter

Jumat, 26 Mei 2023 - 18:35 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Dhelya Widasmara menjelaskan alasan mengapa dewasa ini kasus sifilis lebih banyak ditularkan lewat laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki (LSL).

Menurut Dhelya, melansir dari penelitian Chicago Department of Public Health penyakit sifilis ini lebih sering ditularkan lewat oral seks.

"Pola penularannya telah berubah, jika dahulu tahun 1990-an sifilis sering menyerang kaum heteroseksual. Tetapi sejak awal 2000 hingga saat ini insidensinya lebih tinggi pada homoseksual," kata dia, saat dihubungi tvOnenews.com, Jumat (26/5/2023).

Lebih lanjut, dokter yang kerap memberi edukasi kesehatan di media sosial ini pun menjelaskan mengapa tren penularan berubah dan signifikan menyerang pasangan homoseksual.

"Karena homoseksual seringkali melakukan oral seks, sehingga hal ini juga meningkatkan penyebaran sifilis ini," jelas dia.

Sebagai informasi, Kepala Instalasi Promosi Kesehatan RSUD Saiful Anwar Jawa Timur ini menjelaskan bahwa sifilis yang tidak terobati dapat membahayakan seperti menimbulkan gumma atau benjolan kecil pada kulit.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral