Kapolri tekankan pentingnya menjiwai 4 konsensus dasar bangsa guna pertahankan kedaulatan NKRI.
Sumber :
  • Istimewa

Kapolri Tekankan Pentingnya Menjiwai 4 Konsensus Dasar Bangsa Guna Pertahankan Kedaulatan NKRI

Jumat, 2 Juni 2023 - 10:36 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menekankan pentingnya empat konsensus dasar dalam menghadapi tantangan demi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal ini disampaikan Listyo pada kegiatan peluncuran buku karya Karo SDM Polda Metro Jaya Kombes Langgeng Purnomo berjudul “Rekonstruksi Nasionalisme, Jati Diri Bangsa Merajut Nusantara Untuk Mewujudkan Perdamaian Dunia”.

Listyo mengatakan empat konsensus dasar bangsa harus benar-benar diresapi untuk mempertahankan NKRI dari dinamika perubahan lingkungan strategis yang cepat dan dinamis.

"Situasi saat ini dimana perubahan lingkungan strategis yang cepat dan dinamis mengingatkan kita untuk senantiasa menjiwai empat konsensus dasar bangsa, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Listyo dalam keterangannya, Jumat (2/6/2023).

Tak hanya itu, Listyo turut serta meminta hal tersebut harus benar-benar diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Dia mengatakan langkah itu selalu perlu dilakukan dalam membangun kehidupan bangsa dan negara selamanya. 

"Hal ini tidak hanya dipahami secara tekstual, namun juga harus diimplementasikan secara seimbang melalui cipta, rasa dan karsa. Oleh karena itu, kita harus senantiasa membangun semangat kebangsaan sebagai perekat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
03:27
01:35
03:20
01:47
02:02
Viral