Kolase Foto -Wapemred tvonenews.com Ecep S Yasa, background teater Soekarno di Ende..
Sumber :
  • tim tvonenews

Teater Soekarno

Senin, 5 Juni 2023 - 09:07 WIB

Ketika Soekarno berada di titik nadir jalan hidup, dalam pembuangan di Ende, Flores Nusa Tenggara Timur, dunia politik tak menemaninya. Tak ada Gatot Mangkupraja, Maskun Sumadiredja, atau Supriadinata, teman-teman sesama pesakitan di pengadilan kolonial di Jalan Landraad, Bandung.

Tak Terlihat Anwari, Ishaq, Suyudi atau Sartono, rekan rekan saat ia pada 1927 mendirikan Partai Nasional Indonesia.

Berangkat dari Surabaya, Jawa Timur dengan kapal K.P.M van Riebek menuju Ende pada Februari 1934, Soekarno memang “cukup beruntung” tak dibuang ke kamp konsentrasi seperti Digul di Papua. 

Ia tak seperti sekondannya dalam revolusi, Sjahrir, Hatta atau 2.600 tahanan politik lain yang dikirim Belanda ke gulag setelah pemberontakan PKI 1926. Di Tanah Merah banyak tapol dibiarkan meninggal dunia karena siksaan fisik, kerasnya alam dan buasnya binatang di sekitar kamp.

(Dok - Soekarno saat menjalani masa pengasingan di Ende. Sumber: Kemdikbud)

Sementara Soekarno “dibunuh” dengan rasa sepi, diasingkan ke pulau kecil, dengan penduduk 5000 jiwa yang hanya butuh beberapa jam saja untuk mengelilinginya dengan menggunakan mobil jeep.

Tinggal hanya bersama Inggit Garnasih, Soekarno benar terisolasi dari dunia luar. Pergi ke manapun, ia selalu dibuntuti oleh dua orang polisi kolonial. 

"Aku kembali terpenjara, dengan sel yang lebih besar," ujar Soekarno dalam buku Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat yang ditulis Cindy Adam. 

Sama sekali tak ada alat komunikasi, tak ada telepon atau kantor telegraf. Satunya kontak dengan dunia luar hanya lewat dua kapal pos yang datang sebulan sekali. Artinya hanya dua kali dalam sebulan, Bung Karno menerima informasi dari Jawa lewat surat surat dan surat kabar.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral