Tingkatkan Hasil Petani Kecil, Pemerintah Kawal Program Peremajaan Sawit Rakyat.
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Langgeng Puji

Tingkatkan Hasil Petani Kecil, Pemerintah Kawal Program Peremajaan Sawit Rakyat

Senin, 5 Juni 2023 - 16:39 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Green financing menjadi salah satu tren yang tengah booming, dimana penyaluran pendanaan dilakukan oleh sektor perbankan maupun institusi keuangan lain terhadap sektor yang berkelanjutan, seperti perkebunan kelapa sawit.

Dinamika perkembangan sektor industri perkebunan kelapa sawit di Indonesia memang masih menghadapi berbagai tantangan dan kendala, salah satunya berkaitan dengan sangat rendahnya implementasi program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) atau replanting.  

Staf Khusus Menko Perekonomian Bidang Penguatan Kerja Sama Ekonomi Internasional Rizal Affandi Lukman menyampaikan dukungan soal program PSR.

"Kenapa penting? Karena, PSR merupakan program pemerintah dalam rangka meningkatkan produktivitas hasil perkebunan petani kecil yang pada gilirannya dapat meningkatkan taraf hidup petani," kata Rizal.

Rizal mejelaskan jika berpedoman pada umur kelapa sawit 25 tahun, dibutuhkan laju replanting sebesar 4-5 persen per tahun dari total lahan yang ditanami kelapa sawit untuk menghasilkan panen yang optimal.

Menurutnya, pemerintah saat ini melalui BPDPKS telah menyiapkan dana untuk mendukung implementasi program PSR tersebut. 

"Tentunya program pemerintah saat ini belum mampu memenuhi seluruh biaya yang dibutuhkan untuk membangun kebun PSR. Hal ini membuat peluang bagi peran di luar pemerintah termasuk swasta dan lembaga keuangan perbankan menjadi sangat penting untuk menyukseskan program PSR tersebut," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral