Mahkamah Konstitusi.
Sumber :
  • Tim tvOne/Julio Trisaputra

MK Putuskan Pemilu Terbuka, Arteria Dahlan: PDIP Siap Segala Sistem

Kamis, 15 Juni 2023 - 19:57 WIB

Jakarta, tvOnenews.com -  Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan buka suara soal putusan Mahkamah Konstitusi yang menetapkan sistem pemilu dengan sistem proporsional terbuka.

Dalam putusannya, MK menolak permohonan uji materi terkait sistem pemilu. Sedangkan, PDIP menjadi satu-satunya partai di DPR yang meminta agar sistem pemilu dilaksanakand dengan sistem proporsional tertutup.

Terkait hal ini, Arteria mengaku menghormati segala putusan yang ditetapkan oleh MK. Ia meyakini bahwa apa yang diputuskan oleh MK merupakan bagian dari demokrasi.

"Pada prinsipnya kami menghormati putusan MK ini, pastikan ini bagian daripada peradaban hukum dan pengayaan serta penguatan demokrasi," kata Arteria saat konferensi pers di Gedung MK, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Arteria menyebut bahwa putusan MK ini merupakan putusan yang cukup fenomenal.

"Putusan MK yang begitu luar biasa, begitu fenomenal, harus kita akui suasana begitu komprehensif menjadi bagian pengayaan dalam konteks kehidupan hukum khususnya kehidupan bernegara dan berdemokrasi," ucap Arteria.

Arteria mengatakan, jauh sebelum diputuskannya putusan ini, partainya sudah mempersiapkan diri menerima hasil putusan MK. Menurutnya, PDIP telah siap menerima segala sistem pemilu apapun yang ditetapkan oleh MK.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
04:19
01:51
04:21
03:35
06:27
Viral