Menko PMK, Muhadjir Effendy saat jumpa pers usai melakukan pertemuan membahas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (3/7/2023).
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Rika Pangesti

Tak Hanya yang Ilegal, Muhadjir Effendy Sebut PMI Legal Banyak yang Pulangnya Stres dan Gila4

Selasa, 4 Juli 2023 - 18:54 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa masalah datang tak hanya dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ilegal.

Menurut Muhadjir, PMI yang legal juga banyak mendapati berbagai masalah. Mereka kerap pulang dengan kondisi yang sudah depresi, stres bahkan gila.

Hal ini disampaikan Muhadjir Effendy saat jumpa pers usai melakukan pertemuan membahas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (3/7/2023). 

"PMI legal bukan berarti tidak mempunyai masalah. Masalahnya mulai dari tindak kerasan sampai tindak kriminal di tempat kerja. Kemudian ketika pulang juga punya kasus, banyak yang stress, bahkan gila karena tabungannya diembat oleh keluarganya," ujar Muhadjir.

"Kalau dia PMI perempuan, pada ditunggal kawin sama suaminya, dan hartanya dibawa lari oleh suaminya. Itu kasus kasus itu juga jadi utusan dari Kemenko PMK berkoordinasi dengan kementerian lain," sambungnya.

Kemudian, Muhadjir menyampaikan bahwa masalah PMI tidak hanya karena tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Dia menyebut bahwa banyak masalah yang menyelimuti PMI

"Korban PMI itu tak terjadi hanya karena korban perdagangan orang, tapi yang bukan TPPO juga banyak sekali, tahun 2022 itu tercatat hampir 5.000 kasus pengaduan jadi basisnya pengaduan itu sekitar 4.800 sekian," ungkap Muhadjir.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
02:46
02:43
01:38
03:09
10:13
Viral