Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Antara

Presiden Jokowi Tanggapi Polemik Antara KPK dan TNI di Kasus Kabasarnas

Senin, 31 Juli 2023 - 17:03 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) periode 2021-2023, Marsekal Muda Henri Alfiandi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) dengan dugaan kasus penyuapan.

Penetapan Kepala Basarnas tersebut telah menimbulkan polemik di antara dua instansi negara Indonesia, yaitu KPK dan TNI. 

Pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI) menilai bahwa tindakan penetapan salah satu anggota TNI sebagai tersangka tidak termasuk ke dalam ranah tanggung jawab KPK. 

Seharusnya, jika ada anggota TNI yang melakukan kesalahan atau pelanggaran hukum, dalam kasus ini adalah Kepala Basarnas, maka pihak yang berwenang untuk menindaklanjuti anggota tersebut adalah Polisi dan Oditur Militer, bukan KPK.

Polemik yang terjadi di antara KPK dan TNI juga menyita perhatian Joko Widodo (Jokowi). 

Ia menganggap bahwa polemik ini dapat terjadi karena koordinasi di antara instansi yang kurang baik dan perlu peninjauan ulang.

“Ya, itu masalah, menurut saya masalah koordinasi saja. Masalah koordinasi yang harus dilakukan semua instansi, sesuai dengan kewenangan masing-masing, menurut aturan, sudah. Kalau itu dilakukan, sudah rampung.” ujar Joko Widodo kepada awak media mengutip dari Antaranews.com pada Senin (31/7/2023).

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral