Bupati Lampung Timur, M.Dawam Raharjo menaiki perahu nelayan melintasi sawah yang terendam banjir.
Sumber :
  • Tim tvOne/Pujiansyah

Sungai Way Sekampung Meluap, Ratusan Hektare Tanaman Petani Terancam Puso

Kamis, 18 November 2021 - 19:16 WIB

Lampung Timur, Lampung – Ratusan hektar tanaman padi di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Jabung, Lampung Timur, terancam puso akibat terendam banjir, akibat luapan sungai Way Sekampung, karena tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir.

Bupati Lampung Timur, M.Dawam Raharjo, langsung meninjau lokasi lahan sawah yang terendam banjir dengan perahu milik warga. Bupati menaiki perahu nelayan yang berisikan 5 orang melintasi sawah yang terendam banjir.

"Luapan sungai Way Sekampung ini merendam sekitar 350,75 hektare tanaman padi usia tanam 75 hingga 90 hari di Desa Mekar Jaya," jelas Bupati.

Selain masih merendam 209 hektare sawah, lanjut M. Dawam, banjir juga merendam dan mengakibatkan sekitar 4,5 hektare tanaman jagung, dua hektare tanaman sayuran, cabai, pare, dan timun terancam puso atau gagal panen.

Meluapnya Sungai Way Sekampung tersebut membuat sebagian petani yang lokasi lahannya berbatasan langsung dengan daerah aliran sungai (DAS) Way Sekampun menjadi was-was.

Atas bencana alam ini, Pemkab Lampung Timur, berencana akan membangun bendungan yang diharapkan mampu menampung air, jika musim penghujan tiba. Mengingat banjir diwilayah ini telah menjadi banjir musiman acapkali musim penghujan tiba.

"Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akan membangun tanggul pembatas agar banjir tersebut tidak terulang lagi, pasalnya setiap musim hujan lahan padi milik warga selalu terendam banjir. (Pujiansyah/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral