Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/8/2023)..
Sumber :
  • ANTARA

Makna Pakaian Adat Ageman Songkok Singkepan Ageng, Netizen: Tanda Pulang Lagi ke Solo

Kamis, 17 Agustus 2023 - 11:41 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Ajang upacara kemerdekaan RI di Istana Merdeka beberapa tahun ke belakang kerap menjadi ajang para pejabat negara menggunakan pakaian adat indonesia. Termasuk Presiden Joko Widodo yang mengenakan pakaian Adat Ageman Songkok Singkepan Ageng.

Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng pada HUT ke-78 RI di Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Pakaian yang dikenakan oleh Presiden Jokowi biasanya dipakai oleh para Raja Pakubuwono Surakarta atau raja Keraton Solo Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji. Yang artinya saat dimana Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo atau masyarakat.

Tak sedikit netizen di media sosial yang mengaitkan arti pakaian yang dikenakan Jokowi dengan masa baktinya sebagai presiden yang sebentar lagi akan purna tugas.

"Penutupan pakai asalnya matur sembah nuwun pak," tambah @ezekon dalam postingan Jokowi mengenakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng.
 
"Keraton Surakarta, yg menandai bahwa dia akan segera kembali ke Solo lagi," tulis @anambelas*.

Meski demikian, Jokowi menyebut tidak memiliki alasan khusus dalam pemilihan baju adat.

Sebab ia sudah memiliki tim khusus untuk memilih baju adat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral