Anies Baswedan.
Sumber :
  • Tim tvOne/Muhammad Bagas

Anies Baswedan Curhat Saat Gagas RUU Kebudayaan Malah Diberhentikan Jadi Mendikbud Sama Presiden Joko Widodo

Kamis, 24 Agustus 2023 - 23:36 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan curhat mengenai nasibnya yang diberhentikan dari jabatannya saat sedang menggodok Rancangan Undang-Undang (RUU) Kebudayaan.

"Kami menyusun Rancangan Undang-Undang Kebudayaan. Jadi RUU Kebudayaan itu kita menyiapkan dan di tengah-tengah proses persiapan, tugas saya dicukupkan (diberhentikan sebagai Mendikbud) di kementerian," kata Anies Baswedan, saat hadir di kegiatan Bicara Kebudayaan: Kini dan Nanti, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Kamis (24/8/2023).

Oleh sebab itu, Anies tidak dapat merasakan euforia saat RUU Kebudayaan tersebut ditandatangani.
 
"Tapi kami menjadi bagian dari yang mengusulkan. Pengusulannya ada pada saat saya bertugas," tutur dia.
 
Anies berkata RUU Kebudayaan tersebut diharapkan dapat menjadi platform yang memberi perhatian besar di bidang kebudayaan.
 
Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi menunjuk Muhadjir Effendy menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, menggantikan Anies Baswedan.
 
Anies Baswedan resmi dilantik pada 27 Oktober 2014 sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.
 
Kabar Anies Baswedan dicopot dari Kabinet Kerja langsung menjadi perhatian publik saat itu, hingga memberikan spekulasi karena mantan Rektor Universitas Paramadina ini termasuk Menteri yang tidak terdengar bermasalah.
 
Akademisi Rhenald Kasali mewawancarai Anies Baswedan dalam podcast Intrigue, pada 2 Agustus 2023. Pada awalnya Rhenald Kasali membahas soal Anies Baswedan sebagai juru bicara tim pemenangan pada tahun 2014 saat menjadi calon Presiden.
 
"Terus kemudian mengantar pak Jokowi dari Taman Menteng itu menuju ke Gedung KPU, masih ingat itu, suasana itu?" tutur Rhenald Kasali yang dilansir dari Youtube Anies Baswedan. 
 
Kemudian Rhenald Kasali mengatakan bahwa dengan prestasi Anies Baswedan yang mendirikan Indonesia Mengajar, menjadi idolanya anak muda.
 
Dan setelah itu Anies Baswedan resmi dilantik menjadi Menteri Pendidikan.
 
"Tapi kok kesannya sekarang setelah itu, kesannya kok jadi jauh dengan Pak Jokowi, sementara kita melihat yang dekat itu adalah Erick Thohir," tutur Praktisi Bisnis tersebut.

 

Menjawab hal itu, Anies Baswedan mengungkapkan bahwa dari sisi hubungannya dengan Presiden Jokowi baik-baik saja.
 
"Tidak ada masalah dengan pak Jokowi," tutur Anies. (agr)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:04
01:11
01:03
26:59
25:31
06:57
Viral