Ketua Koperasi hasil RAT Juni 2021, Suwa Fransiska, menolak kepengurusan koperasi hasil RALB.
Sumber :
  • Tim tvone-Didi Syachwani

Konflik Berlanjut, Pengurus Koperasi Santuai Jaya Hasil RAT Menganggap RALB Melanggar AD-ART dan UU Perkoperasian

Rabu, 24 November 2021 - 10:29 WIB

Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah - Pengurus Koperasi Santuai Jaya hasil RAT Juni 2021, menolak Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) pemilihan ulang Ketua dan Badan Pengawas Koperasi Santuai Jaya yang diselenggarakan di Desa Tumbang Penyahuan, Kecamatan Bukit Santuai pada Minggu (21/11/2021), lalu.  RALB dinilai tidak sesuai dengan mekanisme yang diatur di dalam AD-ART dan Perundang-undangan Perkoperasian, Nomor 25 tahun 1992.

"Koperasi Santuai Jaya tidak terjadi kekosongan pengurus, jadi buat apa diadakan RALB. Kepengurusan kami sudah sah dan berdasarkan hasil RAT. Prosedur pemilihannya juga sudah sesuai dengan AD-ART koperasi kami," tegas Suwa Fransiska, ketua koperasi terpilih saat RAT, Rabu (24/11/2021).

Menurut pihaknya, Koperasi Santuai Jaya sudah ada kengurusan yang Sah dan pembagian sisa hasil usaha kepada kemitraan kebun Plasma dengan PT AWL sudah berjalan sebanyak 2 kali.

"Tolong kawan-kawan wartawan bantu meluruskan ini, agar tidak timbul persepsi negatif kepada kami," katanya.

Menurut Suwa pula, pihaknya tidak terima atas dilaksanakannya RALB Koperasi Santuai Jaya, sementara ia mengatakan bahwa pihaknya tersebut telah Sah secara legal sebagai pengurus Ketua Koperasi Santuai Jaya Periode 2021-2026.

"Kami keberatan dan tidak terima RALB ini diselenggarakan, karena kami ini sudah menjadi pengurus yang sah. Kami juga sudah melakukan pembaharuan akte koperasi di Kantor Notaris FITRIA DENI S.H., M.KN. di Sampit," Ungkapnya.

Selain itu, menurut Suwa, dirinya juga menegaskan bahwa RALB tersebut juga tidak sesuai dengan pedoman AD-ART Koperasi sentuai Jaya, dimana RALB dapat dilaksanakan apabila adanya kekosongan pengurus dan atas dasar pengajuan Minimal 20 % dari jumlah anggota, sementara menurutnya itu belum pernah dilakukan oleh tim panitia pelaksanaan RALB.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral