Partai Komunis Indonesia gemar memproduksi istilah dan slogan, di antaranya Setan Desa dan Setan Kota.
Sumber :
  • dmizulfart

Ternyata Ini Arti Ganyang Setan Desa dan Setan Kota, Slogan-Slogan yang Sering Diteriakan dalam Aksi Sepihak PKI

Rabu, 27 September 2023 - 05:20 WIB

tvOnenews.com-Ketika tengah dominan dalam skena politik di tanah air, kader Partai Komunis Indonesia (PKI) di pedesaan dan perkotaan banyak memproduksi istilah, slogan, akronim yang mendukung aksi aksi yang tengah digagasnya.

Salah satu yang paling sering diteriakkan adalah Ganyang Setan dan Kota. Sebenarnya apa maksud dari slogan ini, berikut maknanya berdasarkan buku Kamus Gestok yang ditulis Hersri Setiawan: 

Setan Desa

Setan desa adalah slogan yang diciptakan oleh kader Partai Komunis Indonesia dan Barisan Tani Indonesia (organisasi sayap PKI) untuk menunjukan pada kaum tani siapa sebenarnya musuh musuh mereka. Slogan ini dibuat untuk menciptakan musuh bersama bagi petani saat itu, sekaligus cara untuk mengkonsolidasikan anggota PKI di pedesaan. Maksudnya tentu supaya aksi aksi yang dilakukan bisa lebih mudah dilakukan, seperti aksi landreform dan bagi hasil pertanian bisa dilaksanakan.  

Setan Desa dirumuskan tujuh pihak: tuan tanah, lintah darat, tengkulak jahat, tukang ijon, bandit desa, pemungut pajak, kapitalis birokrat desa. Gerakan ganyang Tujuh Setan Desa marak bersamaan dengan aksi sepihak, seperti pendudukan lahan, penuntutan pembagian hasil lahan, dll.

Setan Kota

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral