Menteri Investasi/Kepala BKPM rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Senin (2/10/2023).
Sumber :
  • ANTARA

Suara Warga: Sampai Kiamat 5 Kali pun Rempang Ga Akan Jalan Kalau Tidak Ada Investasi

Selasa, 3 Oktober 2023 - 09:04 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan suara warga Pulau Rempang kepada Komisi VI DPR RI. Bahlil mengatakan warga Pulau Rempang butuh investasi dan terlibat dalam pelaksanaan investasi tersebut serta direlokasi tak jauh dari tempat asalnya.

"Apa permintaan mereka? Yang pertama, mereka tidak menolak investasi. Mereka sampai mengatakan kiamat lima kali pun, Rempang ini nggak jalan kalau tidak ada investasi. Tapi juga hargai kami masyarakat Melayu, kampung ini karena kami sudah turun temurun (di sini)," kata Bahlil dalam raker dengan Komisi VI DPR, Senin (2/10/2023).

Bahlil mengatakan datang langsung ke Rempang dan melakukan audiensi langsung. Ia juga berdialog dengan warga kampung adat, termasuk mengimami mereka shalat maghrib bersama.

Dalam dialog tersebut, ia mengklarifikasi soal apa yang sebenarnya terjadi serta mengumpulkan aspirasi masyarakat terkait lahan Rempang. Diskusi bahkan berlanjut dari pukul 19.00 hingga 22.30 malam.

Masyarakat, lanjut Bahlil, juga tidak ingin direlokasi ke Pulau Galang. Mereka menginginkan tetap berada di Rempang. Mereka pun menuntut hak mereka terkait relokasi, termasuk mata pencaharian sebagai nelayan.

Pemerintah, kata Bahlil, memenuhi aspirasi masyarakat agar tidak direlokasi ke Pulau Galang, melainkan ke Kampung Tanjung Banon, yang terletak di laut yang sama dan berjarak tidak sampai 1 km. "Jadi masih di pantai yang sama, kalau lewat darat sekitar 3 km," kata Bahlil.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral