Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS, Andi Akmal Pasluddin.
Sumber :
  • Dok.PKS

PKS Senggol Isu Kejagung Geledah Kantor Kemendag, Prihatin Impor Gula Disemuti Bau Amis Korupsi

Rabu, 4 Oktober 2023 - 13:54 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS, Andi Akmal Pasluddin mengaku prihatin dengan polemik pergulaan nasional yang disemuti bau amis korupsi.

“Sangat disayangkan, selama ini ternyata pergulaan nasional diselimuti buruknya tata kelola. Dugaan tindak pidana korupsi terjadi di Kemendag dalam periode impor gula berjalan sejak 2015. Artinya 8 tahun terakhir tata kelola pergulaan sangat buruk,” tutur Akmal, di DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (4/10/2023).

Kasus dugaan penyalahgunaan wewenang dan korupsi dalam impor gula ini menjadi perhatian publik. Tidak hanya itu saja, Akmal mengatakan kasus ini juga mengguncang dunia politik dan perdagangan di Indonesia.

Diketahui pada Selasa (3/10/2023), Kejaksaan Agung melakukan penggeledahan di kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait kasus ini.

Politisi PKS ini menerima informasi, kejaksaan telah mencurigai adanya penyalahgunaan wewenang dalam kebijakan importasi gula yang berkaitan dengan pemenuhan stok gula nasional dan stabilisasi harga.

Penerbitan persetujuan impor gula kristal mentah untuk diolah menjadi kristal gula kepada pihak-pihak yang tidak berwenang menurut Akmal sudah melewati kewenangan dan berpotensi melawan hukum.

“Dugaan Kemendag telah memberikan izin impor melebihi batas kuota maksimal yang dibutuhkan pemerintah merupakan bukti nyata wanprestasi sebuah kebijakan,” tegas Akmal.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral