Sejumlah petugas RSPAD Gatot Subroto bersiap menyambut kedatangan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang menjalani tes kesehatan hari ini, Minggu (22/10/2023)..
Sumber :
  • ANTARA

Di Balik Layar Tes Kesehatan Bacapres/bacawapres Ganjar-Mahfud di RSPAD

Minggu, 22 Oktober 2023 - 07:50 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Hari ini, Minggu (22/10/2023), bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Ganjar Pranowo mendapat giliran menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Tahapan ini merupakan salah satu persyaratan yang diwajibkan oleh Komisi Pemilihan Uum (KPU) RI guna menjaring kontestan Pilpres 2024.
 
Berdasarkan pantauan, sejak pagi, 05.51 WIB petugas rumah sakit, dokter, dibantu TNI dan KPU tampak sudah bersiap-siap di depan Gedung Medical Check-UP RSPAD Gatot Subroto.
 
Sejumlah wartawan televisi nasional bahkan telah berada di lokasi sejak subuh dini hari untuk melaporkan proses pemeriksaan kesehatan kedua pasangan calon.

Sejumlah kursi untuk para narasumber dan pasangan calon yang akan memeriksa kesehatan sudah tersedia rapi di depan Gedung MCU RSPAD Gatot Subroto, bahkan sejak tengah malam.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya dan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ri menggelar konferensi pers pertama untuk pemeriksaan kesehatan pasangan Ganjar-Mahfud pada pukul 06.30 WIB. 
 
"Seperti hari pertama durasi kurang lebih sama, substansi sama, metode sama, tim dokter pemeriksaan juga sama," kata Hasyim.

"Perlu kami sampaikan materi pemeriksaan, tim pemeriksaan, alat pemeriksaan, rundown pemeriksaan persis sama," kata Albertus saat sesi keterangan pers.

Pemeriksaan tes kesehatan atau medical check-up ini merupakan persyaratan wajib bagi bakal calon presiden dan wakil presiden untuk maju dalam kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) Pemilu 2024.
 
Sehari sebelumnya, adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang menjalani tes kesehatan pertama. Proses pemeriksaan berlangsung selama delapan hingga 10 jam lamanya.
 
Dalam tes kesehatan ini, ada 50 orang tim dokter yang terlibat dalam pemeriksaan kesehatan pasangan calon presiden dan wakil presiden.
 
Adapun rangkaian tes kesehatan yang diikuti oleh pasangan calon di antaranya CT scan, diagnostik, pemeriksaan pembuluh darah dalam jatung, tes fungsi organ keseluruh, tes pembuluh darah, MRI melihat profile merujuk pada seseorang, mengukur kapasitas paru-paru, tes treadmill, USG, wawancara untuk mendiagosis gangguan prablem solfing dan tes uji narkoba.
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto telah menetapkan jadwal tes kesehatan bagi bakal pasangan calon peserta Pilpres 2024 yang telah mendaftar.
 
Bakal pasangan capres-cawapres yang pertama kali mendaftar ke KPU RI, Kamis (19/10), dijadwalkan melaksanakan tes kesehatan pada Sabtu (21/10). Selanjutnya, bakal pasangan calon yang mendaftar di urutan kedua, tes kesehatan dijadwalkan berlangsung Minggu (22/10). (ant/ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral