Pasien Covid-19 Membludak di RSUD Cengkareng.
Sumber :
  • Ong Suhirman

Pasien Covid-19 Membludak, RSUD Cengkareng Tambah Ruang HCU

Kamis, 24 Juni 2021 - 14:47 WIB

Jakarta -  Penanggung jawab Covid-19 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar), dr. Benny Octavianus menyatakan rumah sakitnya telah menambah satu ruang High Care Unit (HCU) Kamis (24/6). Ini dilakukan untuk menampung banyaknya pasien Covid-19 yang berdatangan ke rumah sakit dan membutuhkan perawatan medis secepatnya. Ruang HCU tambahan yang baru dibuka ini memiliki kapasitas 40 tempat tidur.

Benny sebelumnya membuat rekaman video kondisi yang terjadi di RSUD Cengkareng pada Rabu sore (23/6). Saat ini dia mendapati sejumlah pasien Covid-19 antre hingga di luar bangunan demi menunggu giliran mendapatkan ruang perawatan.

Menyikapi kondisi ini dr. Benny menyatakan berkoordinasi dengan pihak rumah sakit untuk segera menambah ruangan bagi pasien Covid-19. Menurutnya saat diwawancarai di program Apa Kabar Indonesia Pagi, Kamis, RSUD tidak hanya membutuhkan ruangan baru tetapi juga tenaga medis tambahan. Beruntung tambahan tenaga medis bisa didapatkan pada Rabu malam sehingga ruang HCU tambahan bisa beroperasi pada hari ini.

Menyikapi lonjakan kasus Covid-19 RSUD Cengkareng, saat ini pihak RS menggunakan kamera CCTV untuk memantau setiap pasien Covid-19 di ruang rawat. Pemantauan ini dilakukan melalui ruang khusus.

Strategi ini dilakukan agar semua pasien bisa selalu dipantau dari jarak jauh sehingga jumlah tenaga medis di dalam ruangan bisa dikurangi. Langkah ini juga untuk menghindari para tenaga medis kolaps, kelelahan, atau dehidrasi karena terlalu lama berada di ruang perawatan dengan memakai alat pelindung diri (APD). Karena kejadian seperti itu banyak terjadi pada para tenaga medis di awal masa pandemi tahun lalu. (irw/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:35
03:32
02:20
01:02
12:54
01:37
Viral