Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Amin Ak.
Sumber :
  • Dok. PKS

Legislatif PKS Desak BPK Audit Proyek LRT Jabodebek Imbas Mogok di Tengah Jalan

Kamis, 2 November 2023 - 14:04 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Amin Ak mendesak agar Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengaudit proyek LRT Jabodebek untuk memastikan penyebab buruknya kualitas trainset LRT Jabodebek.

Menurut Amin, audit diperlukan untuk mengetahui kualitas trainset LRT apakah sudah sesuai standard atau belum. Selama ini, PT INKA sudah berpengalaman memenuhi permintaan trainset LRT bagi negara lain, yang tentu saja dari sisi kualitas harusnya sudah terjamin.

Audit yang dilakukan, kata Amin, setidaknya mencakup teknologi maupun proses produksinya.

“Kalau kemudian ditemukan masalah dengan standard LRT yang digunakan di rute Jobodebek, maka hal itu mencoreng reputasi anak bangsa dalam inovasi dan teknologi, khususnya transportasi umum,” tegas Amin, melalui keterangan resmi, Kamis (2/11/2023).

Audit dilakukan, lanjutnya, untuk mengetahui apakah ada masalah dengan kualitas bahan bakunya atau proses pengerjaannya. Jika terbukti ada pengurangan kualitas bahan maka ini harus ditindaklanjuti dengan pemeriksaan dan penyelidikan faktor-faktor penyebabnya.

“Saya khawatir ada praktik rente dalam pengadaan trainset LRT, sehingga kualitasnya tidak memenuhi standar," ujarnya.

Lebih lanjut Amin mengungkapkan pada Agustus 2023 lalu, pihak Siemens yang ditunjuk sebagai pemasok dan pengelola software untuk operasional LRT Jabodebek memprotes adanya ketidaksesuaian teknis pada 31 trainset LRT buatan PT INKA sehingga tidak kompatibel dengan sistem atau software untuk pengoperasiannya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral