Pesta Budaya Njuah-Njuah merupakan salah satu Pesta Budaya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi..
Sumber :
  • Istimewa

Pesta Budaya Njuah-Njuah Dairi 2023, Hadirkan Atraksi Keragaman Budaya Khususnya Suku Pakpak

Jumat, 3 November 2023 - 13:03 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pesta Budaya Njuah-Njuah merupakan salah satu Pesta Budaya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Kegiatan yang merupakan kalender event nasional ini lebih mengedepankan pada atraksi keragaman budaya khususnya Suku Pakpak yang menjadi Suku dominan di wilayah ini.

Suku Pakpak yang merupakan penduduk asli Kabupaten Dairi memiliki keunikan seperti suku lain di Indonesia, yang juga adaptif terhadap keberadaan suku dan budaya lain.

Dengan adanya Pesta Budaya Njuah-Njuah ini dapat memberikan dampak positif terhadap pelestarian budaya Pakpak dari pengaruh budaya modern dan mempromosikan keunikan budaya daerah sebagai warisan yang wajib dijaga agar tidak tergerus jaman serta peningkatan perekonomian seluruh lapisan masyarakat. 

Bupati Eddy Berutu dalam sambutannya menyampaikan Pesta Budaya Njuah-Njuah adalah pesta rakyat sebagai bentuk aktualisasi pengembangan daerah berbasis budaya yang tujuannya melestarikan budaya.

"Pesta Njuah-Njuah juga merupakan wujud nyata dari Harmoni Keberagaman, hal ini dapat kita lihat Meski didominasi dengan pakaian adat Pakpak bukan berarti pakaian adat suku-suku lainnya yang mendiami Kabupaten Dairi tidak diikut sertakan. Kontingen masyarakat dengan pakaian adat Karo, Toba, Simalungun, bahkan China juga turut menyemarkkan pergelaran budaya. Ini menjadi bukti bahwa dalam kemajemukan agama, suku, dan adat-istiadat, masyarakat tetap bersatu dan hidup berdampingan dengan rukun dalam harmoni keberagaman," imbuh bupati di Stadion Utama Simalungun, Kamis (2/11/2023). 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
Viral