Kapal Sampah Coldplay Uji Coba Operasi di Cisadane, Ternyata Bukan Kampanye LGBT Justru Sukses Gaungkan Aktivitas Ramah Lingkungan.
Sumber :
  • Istimewa

Kapal Sampah Coldplay Uji Coba Operasi di Cisadane, Ternyata Bukan Kampanye LGBT Justru Sukses Gaungkan Aktivitas Ramah Lingkungan

Minggu, 3 Desember 2023 - 10:58 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Kapal Neon moon II bantuan The ocean cleanup dan Coldplay mulai diuji coba di aliran Sungai cisadane, Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (2/12/2023). 

Ternyata bukan kampanye Coldplay tentang LGBT yang membekas di Indonesia, melainkan kampanye yang menggaungkan aktivitas ramah lingkungan.

Kapal penyedot sampah Neon Moon II Kapal penyedot sampah bantuan dari The Ocean Cleanup dan Coldplay berjenis interceptor diperuntukkan sebagai pembersih atau penyedot sampah dari hulu ke hilir di aliran sungai. 

Sayangnya, saat uji coba operasi proses penyedotan sampah sedikit terhalang. Muasalnya adalah bukan saja sampah plastik dan rumah tangga yang ada di sungai Cisadane, namun banyak ranting-ranting kayu dan bambu sehingga menyulitkan proses penyedotan.

Kapal ini memiliki enam bak penampungan di dalamnya yang berkapasitas dapat menampung 6 ton sampah per harinya. Hal ini bisa meminimalisir sampah plastik yang mengalir dari wilayah Bogor Jawa Barat, Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang. 

Saat ini kapal Coldplay tengah diuji coba dan rencananya akan dioperasikan pada awal tahun atau Januari tahun 2024 mendatang. Kapal bernama resmi Interceptor Neon Moon II milik ini sudah ada di Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga sejak 28 November 2023. 

Nantinya sampah yang masuk ke dalam kapal langsung secara otomatis dipilah oleh mesin. Lalu masuk ke dalam enam bak penampung sampah. 

Setelah mencapai 800 kg per kotak baru dilakukan penarikan dengan boat kemudian diolah di bank sampah nonorganik dan organik. 

Nantinya untuk yang organik bisa dijadikan pupuk atau makanan maggot. Sementara yang non organik bisa dijual atau diolah dengan mesin holding untuk dijadikan batako.

Bukan Bendera LGBT tapi Bendera Putih

Grup band asal Inggris Coldplay mengganti bendera pelangi dengan bendera berwarna putih bertuliskan “Love” yang berarti cinta, pada konsernya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (15/11/2023) malam.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
Viral