Rusun Pasar Rumput untuk Isolasi Covid-19.
Sumber :
  • Agitha Mahlika

Rusun Pasar Rumput Siap Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Sabtu, 26 Juni 2021 - 15:20 WIB

Jakarta - Lonjakan kasus positif Covid-19 di Ibu Kota membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berpikir keras untuk bisa menampung pasien Covid-19. Sejumlah lokasi alternatif dibuka menjadi tempat isolasi. Setelah Rumah Susun (Rusun) Nagrak di Cilincing, Jakarta Utara (Jakut), kini Rusun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan (Jaksel) juga disiapkan dalam rangka menampung pasien Covid-19 khusus tanpa gejala atau OTG.

Nantinya Rusun Pasar Rumput ini akan terintegrasi dengan Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus) dan Rusun Nagrak. Artinya jika kapasitas di Wisma Atlet sudah penuh, maka pasien akan langsung diarahkan ke Rusun Pasar Rumput.

Rusun Pasar Rumput yang akan digunakan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 terdiri dari tiga tower yang berisikan 1.984 kamar. Nantinya satu kamar akan diisi empat tempat tidur sehingga diharapkan tiga tower Rusun Pasar Rumput bisa menampung 7.936 pasien Covid-19.

Hingga saat ini persiapan Rusun Pasar Rumput terus dirampungkan. Pemprov DKI Jakarta dibantu Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR). Pemerintah Pusat ikut membantu penambahan fasilitas rusun seperti matras tempat tidur, pemasangan AC, pemasangan instalasi listrik, dan peralatan medis.

Khusus untuk tempat isolasi pasien Covid-19 di Rusun Pasar Rumput ruangan yang disediakan mulai dari lantai 4 hingga lantai 25, sementara untuk lantai 3 digunakan sebagai lobby rusun. Lantai 1 dan 2 tetap dioperasikan sebagai Pasar. Pemprov nanti akan menyiapkan pengaturan akses keluar masuk agar pasar tetap steril meski berdekatan dengan tempat isolasi pasien Covid-19. Baik pasar maupun tempat isolasi tidak akan saling mengganggu satu sama lain.

Rencananya tempat isolasi pasien Covid-19 di Rusun Pasar Rumput ini akan mulai difungsikan pekan depan. (agita/lia/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
04:20
00:52
02:08
02:13
01:10
Viral