Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Otto Hasibuan.
Sumber :
  • ANTARA

Ini Pesan Otto Hasibuan untuk Advokat Peradi soal Pemilu: Berpolitik Secukupnya, Bersahabat Selamanya

Minggu, 14 Januari 2024 - 12:15 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Otto Hasibuan mempersilakan advokat yang bergabung di Peradi untuk menggunakan haknya sebagai warga negara pada 14 Februari.

"Silakan gunakan haknya sebagai warga negara. Mari berpolitik secukupnya, bersahabat selamanya,” kata Otto di Jakarta, Minggu (14/1/2024).

Otto mengatakan asas organisasi Peradi adalah bebas dan mandiri atau independen. Konteksnya dalam pemilu adalah sikap organisasi yang netral, tidak menyatakan dukungan ‎kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) dan calon legislatif (caleg).

Namun, secara individu, advokat tetap warga negara juga. Maka setiap anggota Peradi berhak untuk menyatakan pendapat, memilih dan dipilih dalam pemilihan umum.

Otto menegaskan sikap bebas dan mandiri atau independen dalam pemilu hanya berlaku untuk organisasi Peradi.

"Tidak berarti advokat secara pribadi, tidak bisa memberikan dukungan kepada pasangan calon, itu enggak benar. Yang benar itu, advokat mempunyai hak untuk memberikan pendapatnya, dia berhak dipilih dan memilih dan apapun pilihannya, silakan," kata Otto.

Namun, Otto meminta advokat ikut menjaga suasana suka cita dan damai Pemilu 2024 di masyarakat dengan melakukan politik secara tidak berlebihan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral