Anies Baswedan hadir di forum KOMPAK lewat daring.
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Agenda Strategis Kesehatan Ala Anies Baswedan: Penguatan Peran Puskesmas

Selasa, 16 Januari 2024 - 13:07 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan memaparkan program strategis di dunia kesehatan miliknya dalam forum diskusi yang diselenggarakan oleh Komunitas Profesi dan Asosiasi Kesehatan (KOMPAK) Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Anies mengatakan salah satu strategis di dunia medis yang akan dia tempuh jika terpilih sebagai presiden adalah penguatan puskesmas.

"Pertama adalah penguatan peran puskesmas dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan secara serius," ucap dia, melalui daring, dikutip di Jakarta Pusat, Selasa (16/1/2024).

Anies pun menyebutkan sosok mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Johannes Leimena yang pertama kali mencetus program puskesmas. Merupakan dokter sekaligus politikus yang lahir dari tanah Ambon, Maluku.

"Saya punya pengalaman teknis, karena saya tinggal di kampung, di Lebak Bulus. Rumah kami dipakai untuk posbindu sejak kami tinggal di sana, jauh sebelum saya berada di pemerintah," tuturnya.

"Dan kegiatan-kegiatannya berhasil, kami lihat dari dekat, bukan kata riset. Kami lihat dari dekat bagaimana petugas-petugas dari puskesmas lewat posbindu mencegah penurunan kesehatan pada masyarakat lansia," sambung dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral