Bawaslu Bocorkan Dampak Keputusan DKPP Terhadap KPU.
Sumber :
  • tim tvOne - Aldi Herlanda

Bawaslu Bocorkan Dampak Keputusan DKPP Terhadap KPU

Selasa, 6 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) RI akan melakukan pengawasan soal putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja juga tegaskan, bahwa pengawasan yang dilakukan adalah untuk memastikan surat teguran yang dibuat untuk komisioner KPU.

"Tapi yang buat (surat teguran) KPU loh, bukan Bawaslu. Kami hanya melaksanakan, mengawasi pelaksanaan putusan, apakah sudah dilaksanakan atau belum," katanya kepada wartawan, dikutip Selasa (6/2/2024).

"Kami yang biasanya akan menyurati teman KPU, apakah terhadap putusan ini sudah terlaksana apa belum. Itu yang sanksinya. Proses perjalanan sanksi yang kemudian disampaikan kepada teman-teman di KPU. Demikian juga Bawaslu," sambungnya.

Lanjut Rahmat jelaskan, bahwa keputusan DKPP soal memberikan peringatan keras terhadap ketua KPU berkaitan dengan pribadi penyelenggara pemilu, dan tidak mempengaruhi putusan lembaga.

"Nggak ada (putusan/rekomendasi DKPP yang berkaitan soal pencalonan Gibran), memang tidak ada, dan juga terkait dengan profesional penyelenggara," pungkasnya.

"Putusan DKPP itu akan berkaitan dengan pribadi dari penyelenggara pemilu, jadi seharusnya tidak mempengaruhi putusan lembaga, ya. Proses yang telah dilakukan itu yang disalahkan penyelenggara atau KPU, jadi silakan diterjemahkan sendiri," tandasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral