Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).
Sumber :
  • Tim Tvone/ Pujiansyah

Hadapi Libur Nataru, Hutama Karya Antisipasi Lonjakan Kendaraan di Tol Lampung

Kamis, 16 Desember 2021 - 15:19 WIB

Bandar Lampung, Lampung - Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2022, PT Hutama Karya (HK), selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) melakukan persiapan pelayanan tambahan mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik pada jalan tol. Berbagai persiapan dilakukan yang meliputi peningkatan pelayanan, pemeliharaan, serta pengetatan protokol kesehatan (prokes) di jalan tol Lampung.



Koentjoro selaku Direktur Operasi III Hutama Karya, mengatakan pada sisi pelayanan, pihaknya telah menambah kapastitas gardu di Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) menjadi pintu awal masuk JTTS tiga masuk dan empat keluar. "Kami juga melengkapi setiap gardu dengan bantuan Mobile Reader, untuk mengantisipasi terjadinya antrean di gerbang tol," ujarnya.

 


Sedangkan, untuk mengantisipasi kemacetan di penyeberangan Bakauheni, lanjut Koentjoro, HK bekerjasama dengan ASDP untuk menyediakan kantong-kantong parkir agar tidak terjadi antrean mengingat saat ini tiket kapal sudah melalui online.

"Demi kenyamanan pengguna jalan tol, kami tetap mengoperasikan seluruh rest area dikelola. Selain itu, juga disediakan kelengkapan tambahan seperti toilet kabin, mobil tangki air, hindran, layanan derek gratis di jalan tol maupun rest area, hingga memastikan suplai BBM di setiap SPBU selalu tersedia dan layanan pos kesehatan gratis bagi pengguna jalan tol," jelas Koentjoro.

Koentjoro menambahkan, dari sisi pemeliharaan, HK terus melakukan perawatan dan perbaikan di JTTS, dengan menambah penunjang operasional tol seperti Rumble Strip dan Rumble dot, Warning lamp, CCTV berada setiap satu kilometer dengan kamera dua arah sehingga dapat memantau seluruh aktivitas di jalan tol.

"Perbaikan menggunakan berbagai jenis diantaranya dengan Patching Hotmix, Scrapping, Filling & Overlay (SFO) sampai dengan rekonstruksi beton rigid. Tergantung dengan kebutuhan perbaikan di masing-masing titik,” papar dia.

Hingga kini, HK belum menerima arahan pemerintah untuk menerapkan penyekatan maupun kebijakan ganjil genap di ruas tol JTTS Lampung.

HK turut menghimbau, kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib berlaku di jalan tol seperti, menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan, serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. (Pujiansyah/Wna)

 

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:25
01:03
09:21
10:37
01:40
08:51
Viral