Petugas Menyiapkan Tabung Oksigen.
Sumber :
  • Tim tvOne

Stok Tabung Oksigen Rumah Sakit untuk Pasien Covid-19 di Yogyakarta Mulai Langka

Rabu, 30 Juni 2021 - 09:12 WIB

Sleman, Yogyakarta 30/6 - Melonjaknya jumlah pasien positif Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat dalam kurun waktu sepekan terakhir, telah memicu kelangkaan pasokan oksigen di banyak rumah sakit di Yogyakarta.

Seperti yang terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman, Yogyakarta. Pasokan oksigen yang ada saat ini hanya cukup untuk beberapa hari ke depan.

"Untuk oksigen memang terjadi kekurangan di beberapa tempat, termasuk di RSUD Sleman kita juga mengalami keterbatasan karena kebutuhannya juga meningkat," kata Direktur Utama RSUD Sleman, Cahya Purnama.

Menurut Cahya, kebutuhan oksigen di rumah sakit saat ini meningkat hingga lebih dari dua kali lipat. Dari semula 40 tabung per hari menjadi 90 hingga 100 tabung oksigen per hari.

"Untuk oksigen dalam bentuk tabung itu biasanya kita per hari hanya butuh sekitar 40 tabung gas, saat ini meningkat kebutuhannya jadi 90 sampai 100 tabung gas. Liquidnya juga demikian, untuk pasokan biasanya kita terima bisa satu kontainer, sekarang satu kontainer itu dipakai untuk tiga sampai empat rumah sakit," ujarnya.

Pihak rumah sakit pun terpaksa mencari pasokan oksigen hingga ke luar daerah, untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat. Selain itu, RSUD Sleman juga telah mengajukan permintaan bantuan pasokan oksigen ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Kita terus mengupayakan mencari sumber-sumber oksigen dan mengajukan permintaan ke Dinkes DIY agar menjadi prioritas. Karena ini nyawa. Oksigen sangat dibutuhkan untuk penderita gejala sedang dan berat," pungkasnya. (andri/mps/ade).

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
02:47
02:23
01:31
03:15
01:19
Viral