Prabowo dan Gibran.
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Julio Trisaputra

Prabowo-Gibran Meledak, Lembaga Survei KedaiKOPI Klaim Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Sulit Mengejar

Kamis, 15 Februari 2024 - 11:06 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Lembaga survei KedaiKOPI menunjukkan hasil hitung cepat sementara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara sebesar 59,08% dari 93,00% data yang masuk.

"Ini data per pukul 20.20 WIB 14 Februari 2024, data masuk 93,00% Prabowo-Griban unggul jauh dan sulit paslon lain menyusul," kata Founder lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio, Kamis (15/2/2024).

Posisi kedua ditempati oleh pasangan calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan perolehan suara sebesar 24,49%.

Ketiga, ada pasangan calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan perolehan suara sebesar 16,54%.



Hensat panggilan akrabnya, memprediksi dengan hasil hitung cepat ini paslon Anies-Muhaimin dan paslon Ganjar-Mahfud kecil kemungkinan mengalahkan paslon Prabowo-Gibran karena selisih suaranya cukup jauh.

Dia menjelaskan dari pengalaman survei yang dilakukan KedaiKOPI  menunjukkan pada saat lebih dari setengah data yang masuk sulit mengejar suara yang signifikan. Apalagi, paslon Prabowo-Gibran suaranya mencapai 59%.

“Tapi ini data sementara dan prediksi kami paslon lain akan sulit mengejar," ujarnya.

Hensat juga memperkirakan dengan hasil data yang masuk lebih dari 90% Pilpres kali ini hanya berlangsung satu putaran.

“Namun ini prediksi berdasarkan data yang masuk dan analisis kami. Hasil resminya tunggu keputusan KPU,” ungkap dia.

Hasil hitung cepat itu diperoleh berdasarkan informasi pada hasil penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

Dalam hitung cepatnya, sampel yang digunakan KedaiKOPi adalah sebanyak 2.000 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia atau 38 provinsi. Proses sampling dilakukan secara acak melalui metode penarikan acak bertingkat (multistage random sampling) yang dilakukan dari tingkat daerah pemilihan (dapil) sampai tingkat kelurahan.

Dengan penarikan acak bertingkat itu, hasil hitung cepat tersebut memiliki batas kesalahan (margin of error) kurang lebih 0,18%.

Pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.(rpi/lkf)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral