Personel gabungan melakukan penyelidikan kasus penembakan pesawat di Bandara Nop Goliat Dekai, Papua Pegunungan.
Sumber :
  • Istimewa

Buntut Penembakan Pesawat Wings Air Kemenhub Imbau Maskapai Waspada di Dekai

Sabtu, 17 Februari 2024 - 21:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau maskapai meningkatkan kewaspadaan pasca insiden penembakan pesawat Wings Air PK-WJY jenis ATR 72-600 di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Sabtu (17/2/2024).

"Saya imbau kepada maskapai yang beroperasi khususnya pada rute-rute yang sering terjadi gangguan keamanan dan keselamatan penerbangan agar waspada dan berhati-hati, dan lebih meningkatkan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan sebelum memutuskan untuk terbang," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (17/2/2024).

Ia menyampaikan telah memberikan arahan kepada maskapai penerbangan yang beroperasi di Wilayah Kerja Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke untuk lebih waspada dan hati-hati.

"Saya juga meminta untuk melakukan Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA) lebih cermat dan koordinasi secara intens dengan Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU), AirNav Indonesia, dan para pihak pemangku keamanan setempat untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan," kata Kristi.

Diketahui, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengonfirmasi insiden penembakan maskapai Wings Air PK-WJT jenis ATR 72-600 yang terjadi pada pukul 04:17 UTC oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Dekai, Sabtu.

Terdapat satu orang penumpang yang mengalami luka ringan dikarenakan terkena serpihan kabin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral