ILUSTRASI - Bullying.
Sumber :
  • Pixabay

Soal Kasus Bullying 'Geng Tai' di SMA Binus, KPAI Pertanyakan Sistem Penanganan Sekolah Terhadap Pelaku Kekerasan

Selasa, 20 Februari 2024 - 17:20 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengkritisi penanganan terhadap pelaku kekerasan pada satuan pendidikan yang belum memunculkan efek jera terhadap pelaku.

Sehingga, kekerasan seperti perundungan masih terus terjadi di satuan pendidikan.

"Penanganan pelaku kekerasan pada satuan pendidikan baru tahap penegakan aturan belum menyentuh pada pemulihan dan penyadaran terhadap dampak perilaku negatif yang dilakukan dapat menyakiti orang lain dan merugikan diri sendiri sehingga tidak muncul efek jera bagi pelaku yang berkelanjutan," kata Anggota KPAI Aris Adi Leksono saat dihubungi di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Hal ini dikatakannya menanggapi kasus perundungan terhadap siswa yang terjadi di sekolah internasional di Tangerang Selatan, Banten yang salah satu pelaku diduga anak dari artis berinisial VR.

KPAI juga mengkritisi sumber daya manusia yang terlibat dalam tim pencegahan dan penanganan di sekolah yang tidak semuanya memiliki kompetensi perlindungan anak yang komprehensif.

"Misalnya bukan latar belakang psikologi atau BK (bimbingan konseling) atau setidaknya memiliki kepekaan atau perspektif perlindungan anak," kata Aris.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
01:06
01:48
01:38
06:57
05:22
Viral