Jelang Nataru Polsekta Pacitan tingkatkan patroli pengamanan.
Sumber :
  • tim tvOne - Agus Wibowo

Jelang Nataru Polres Pacitan Tingkatkan Patroli Pengamanan

Senin, 20 Desember 2021 - 14:28 WIB

Pacitan, Jawa Timur - Kepolisian Resort Pacitan terus mempersiapkan rencana pengamanan dan pembatasan mobilitas jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Aparat di tingkat Polsek di wilayah hukum Polres Pacitan diminta untuk meningkatkan patroli dan operasi di siang dan malam hari mencegah gangguan Kamtibmas.

Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono menegaskan agar Jajaran Kepolisian Sektor  menyiapkan  personel Tim Patroli. Meningkatkan patroli motor dan mobil baik siang dan malam  sehingga menciptakan rasa aman bagi masyarakat. Begitu juga dengan persiapan pengamanan gereja jelang perayaan Natal

"Kami siagakan personil  kemudian ada mobil komando yang dilengkapi peralatan teknologi kepolisian seperti tes kit narkoba, tes alkohol, alat untuk mengetahui identitas orang, pengamanan gereja saat Natal dan mudah-mudahan jadi lebih bagus," kata Wiwit, Senin (20/12/2021). 

Seluruh jajaran juga diminta agar mengedepankan aspek pencegahan dibandingkan penindakan.

Sementara itu Kapolsek Pacitan Akp Sugeng Rusli Muslan menambahkan akan berupaya menyiapkan berbagai kebutuhan untuk membuat dalam kota aman saat Nataru.

Kemampuan patroli dialogis akan diterapkan guna mengembalikan fungsi patroli ini. "Bagaimana patroli yang bagus, berbicara yang bagus, identifikasi faktor-faktor korelatif kriminogeniti yang menyebabkan kejahatan, serta bagaimana intervensi situasi agar tidak menjadi kejahatan," kata Sugeng. 

"Jadi, pencegahan yang kami utamakan bukan penindakan. Buka berarti juga nunggu ada kejadian datang, namun bagaimana caranya wilayah  kita patroli ke sana, sambang, bicara, tatap muka, bertemu tokoh. Patroli datang memantau daerah atau lokasi dimana sering dipakai untuk transaksi miras dan yang lain yang dapat mengganggu keamanan," pungkasnya.(Agus Wibowo)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral