Arsip foto - Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta..
Sumber :
  • ANTARA/Melalusa Susthira K

Fahri Hamzah Akhirnya Berani Jujur Dukung Hapus Ambang Batas Parlemen dan Presiden, Ternyata Ini Alasannya

Minggu, 3 Maret 2024 - 22:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah buka suara soal ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden (presidential threshold) dan ambang batas parlemen (parliamentary threshold).

Dia mendukung ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden dan ambang batas parlemen dihapus karena memunculkan jarak dengan rakyat.

Hal ini sebagai tanggapan Fahri atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (29/2/2024) yang memerintahkan besaran angka dan persentase ambang batas parlemen untuk diatur ulang.

"Jadi, di masa yang akan datang, tidak saja parliamentary threshold, sebenarnya presidential threshold juga harus dihapuskan karena itulah yang menyebabkan rakyat itu berjarak dengan apa yang harus dia pilih dan hak-hak yang melekat pada rakyat itu," kata Fahri dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (3/3/2024).

Dia menegaskan, segala bentuk ambang batas pada dasarnya mendistorsi hak-hak rakyat untuk memilih pemimpin secara langsung sebab keberadaan-nya membuat rakyat di batas-batasi.

"Kalau kita membaca substansi dari argumen MK tentang kedaulatan rakyat, maka seluruh proses demokrasi dan pemilu itu intinya adalah kedaulatan rakyat. Oleh sebab itu, segala jenis pembatasan yang menyebabkan lahirnya perantara antara kekuasaan dengan rakyat itu harus dihentikan," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral