Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.
Sumber :
  • Abdul Gani Siregar-tvOne

Suara PSI Melejit, Anies Baswedan: Sekarang Rakyat Mengawasi, Kejahatan Takut Transparansi

Senin, 4 Maret 2024 - 10:19 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan merespons soal melambung tingginya perolehan suara parlemen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang menyentuh hingga 3,16 persen—nyaris mendekati ambang batas parlemen 4 persen.

Anies pun mengatakan seharusnya rekapitulasi suara ini dapat diawasi oleh rakyat sejak di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Sekarang saatnya seluruh rakyat mengawasi karena kejahatan itu takut transparansi. Tidak ada kejahatan yang berani terhadap transparansi," ujar dia di Jakarta Utara, dikutip Senin (4/3/2024).

Eks Gubernur DKI Jakarta ini pun meminta pertolongan kepada media untuk terus memberitakan perolehan suara yang sebenarnya.

"Media terus pantau agar jujur kalau memang ada suaranya harus dilindungi. Kalau memang tidak ada suaranya jangan diada-adakan. Dan pemilu kita harus jadi pemilu yang membanggakan, jangan jadi pemilu yang memalukan," jelas dia.

"Kenapa memalukan? Memalukan itu ada yang disembunyikan yang dikerjakan, kita mendengar peristiwa itu, rakyat juga memantau dan mengundang kegelisahan," sambung dia.

Anies pun meminta jangan sampai peristiwa penyimpangan lolos dari pengawasan seperti penyelewengan hasil suara.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral