Seminar soal DBD.
Sumber :
  • Istimewa

Bahaya DBD, Acara 'Langkah Bersama Cegah DBD' Tekankan Pentingnya Vaksin dan 3M Plus

Senin, 4 Maret 2024 - 15:58 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Setelah diadakan di Jakarta, acara 'Langkah Bersama Cegah DBD' kembali digelar dengan rangkaian agenda edukasi di sekolah, publik, dan seminar.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jawa Timur pada tahun 2023 mencapai 6.642 kasus dengan jumlah kematian sebanyak 65 kasus.

Jawa Timur merupakan provinsi dengan kabupaten/kota dengan kasus DBD tertinggi ketiga di Indonesia, setelah Jawa Barat dan Kalimantan Barat.

Diperlukan upaya berkesinambungan dalam pengendalian dan pencegahan DBD, tidak hanya 3M Plus (menguras bak air, menutup tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang tidak terpakai.

Tak hanya itu, perlu juga memperhatikan berbagai upaya mencegah gigitan nyamuk melalui obat nyamuk, fogging, dan penggunaan jaring nyamuk).

Inovasi pencegahan lain seperti dengan vaksinasi serta upaya untuk mendorong peran aktif seluruh lapisan masyarakat untuk lebih waspada dalam mencegah demam berdarah

Melanjutkan kesuksesan 'Langkah Bersama Cegah DBD' di Jakarta, kegiatan ini juga diadakan di Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kegiatan ini adalah bagian dari kampanye #Ayo3MPlusVaksinDBD yang merupakan salah satu kemitraan antara PT Takeda Innovative Medicines dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, serta pemerintah dan pemangku kepentingan setempat, dalam upaya meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
17:30
00:55
01:19
06:13
02:28
Viral