Patroli Paralayang TNI-Polri di Garut.
Sumber :
  • Taufiq Hidayah

Pantau Kerumunan di Garut, TNI dan Polri Patroli dari Udara

Kamis, 1 Juli 2021 - 12:10 WIB

Garut, Jawa Barat - Masuknya Garut, Jawa Barat (Jabar) manjadi zona merah Covid-19, membuat patroli petugas gabungan semakin gencar. Selain menutup jalan utama serta razia, petugas gabungan TNI Angkutan Udara dan Penerjunan Polres Garut juga melakukan patroli melalui udara.

Hari ini Kamis, (1/7) ada patroli khusus yang dilakukan TNI AU dan Penerjunan Polres Garut. Mereka melakukan patroli udara menggunakan parasut paralayang. Para pilot kemudian melaporkan situasi dari udara tentang keadaan sejumlah jalan yang mulai ditutup, termasuk akses menuju pusat perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut.

Patroli paralayang ini dilakukan secara bergantian. Pergerakan masyarakat bisa dilaporkan oleh pilot ke petugas di darat untuk mengetahui lokasi mobilitas dan kerumunan warga.

"Hari ini ada patroli udara khusus menggunakan jalur udara melibatkan TNI AU dan penerjun dari Polres Garut, kita patroli PPKM Mikro lewat udara ini bertujuan mengetahui mobilitas warga, " Kata Waka Polres Garut, Kompol Andrey Valentino.

Patroli PPKM menggunakan jalur udara ini bertepatan dengan HUT ke-75 Bhayangkara. Pihak kepolisian membeberkan bahwa patroli udara  berbeda dengan patroli darat, di mana patroli udara lebih sulit karena harus mengggunakan pilot terlatih.

"Bersamaan dengan HUT Bhayangkara ke 75, alhamdulillah kita mendapat dukungan dari TNI AU sebagai personel tambahan pilot paralayang untuk menambah tim patroli, " tutup Andrey.

Garut sendiri per hari ini berubah dari zona oranye menjadi zona merah. Penambahan penutupan jalan protokol pun sedang dilakukan oleh gugus tugas percepatan penanganan Covid-19. Penyekatan juga diterapkan hari ini untuk membatasi pergerakan masyarakat. (taufiq/cho/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral