Gedung Bawaslu..
Sumber :
  • tvOnenews.com/Aldi Herlanda

Catatan Bawaslu: Ada Saksi Gunakan Atribut Peserta Pemilu di PSU Metode KSK Kuala Lumpur

Rabu, 13 Maret 2024 - 15:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyebut terdapat gangguan keamanan serta saksi menggunakan atribut peserta pemilu pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kuala Lumpur melalui metode Kotak Suara Keliling (KSK).

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty mengatakan, KSK merupakan area yang sangat rentan terhadap gangguan keamanan. Sebab, adanya rasa ketidakpuasan pemilih terhadap layanan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN).

Lolly menambahkan, adanya kejadian yang dimana pemilih yang tidak masuk sebagai DPT KSK, membuat provokasi, protes, hingga melakukan intimidasi kepada KPPS maupun pengawas karena menuntut hak pilih tanpa harus menunggu.

"Beberapa contoh lokasi KSK yang terjadi hal tersebut di antaranya KSK 020, 102, dan 103. KPPS bersama pengawas dan aparat keamanan melakukan koordinasi untuk membuka layanan DPK lebih awal guna mencegah terjadinya kerusuhan," kata Lolly dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/3/2024).

Bawaslu juga menemukan, adanya orang yang diduga mengarahkan pemilih untuk memilih salah satu peserta pemilu tertentu di KSK 039.

"Terhadap kejadian di KSK 039, pengawas melakukan kajian dugaan pelanggaran Pemilu," ujar Lolly.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:42
02:06
01:02
00:50
01:52
01:30
Viral