Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Misan Samsuri.
Sumber :
  • DPRD DKI Jakarta

Legislator DKI Minta Budaya Betawi Tetap Dilestarikan Usai Jakarta Tak Lagi Jadi Ibu Kota

Kamis, 14 Maret 2024 - 10:13 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Misan Samsuri mengimbau warga Jakarta tetap melestarikan kebudayaan Betawi meskipun nantinya Jakarta sudah tak berstatus sebagai ibu kota.

Kendati Jakarta tidak lagi berstatus ibu kota, kata dia, adat istiadat atau budaya yang melekat pada masyarakat tetap harus dilestarikan tanpa terkecuali, yaitu budaya Betawi. 

Menurutnya, budaya Betawi merupakan jati diri yang kini berada di tengah-tengah keragaman suku di Jakarta.

“Secara pribadi saya berharap bahwa apapun status yang nanti akan ditetapkan untuk Jakarta jangan sampai melupakan atau mengabaikan kearifan lokal, dalam hal ini pemeliharaan dan pengembangan budaya dan masyarakat Betawi,” ujar Misan saat dihubungi media, Kamis (14/3/2024).

Mengingat Betawi adalah suku asli Jakarta dan beberapa ikon ibukota memakai ciri khas Betawi diantaranya ondel-ondel. Banyak kantor pemerintahan yang dihiasi ornamen gigi balang.

Oleh karena itu, politikus Partai Demokrat ini juga meminta kepada pemerintah pusat agar tetap melestarikan budaya Betawi meski status ibu kota sudah pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:28
02:38
16:19
04:46
01:55
02:26
Viral