Sosiolog UNS Drajat Tri Kartono di Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu..
Sumber :
  • ANTARA

ASN Pria Bisa Cuti Melahirkan, Pengamat: Pilot Ketiduran Saat Terbangkan Pesawat Jadi Pelajaran

Sabtu, 16 Maret 2024 - 15:05 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sosiolog Universitas Sebelas Maret (UNS) Drajat Tri Kartono menyambut baik rencana hak cuti bagi aparatur sipil negara (ASN) pria yang istrinya melahirkan.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebagai dasar hukum untuk memberikan hak cuti pendampingan bagi ASN pria yang istrinya melahirkan.

"Saya setuju, bagus itu menurut saya. Dari sisi keadilan itu masuk," katanya di Solo Jawa Tengah, Sabtu (16/3/2024).

Ia menjelaskan, pria yang istrinya melahirkan berhak memperoleh cuti agar bisa lebih optimal ketika mendampingi istrinya mulai dari prapersalinan hingga pascapersalinan.

Menurut dia, kasus belum lama ini bisa menjadi pelajaran, di mana pilot maskapai penerbangan tertidur saat bertugas karena malamnya harus menggantikan tugas istri mengasuh anak.

"Ada pilot salah satu maskapai punya anak kecil, karena malam istrinya istirahat capek, digantikan dia. Paginya dia menerbangkan pesawat, ngantuk terus ketiduran, akibatnya dia dibebastugaskan, menurut saya itu tidak fair. Kesalahannya memang dia tidur di dalam tugasnya, itu nggak benar. Tetapi penyebab tidurnya kan dia bertanggung jawab pada keluarganya, kalau anak sakit orang tua pasti nggak tidur," katanya.

Karena itu, ketika seorang istri memperoleh hak cuti karena menanggung beban melahirkan, maka suami sebagai pendamping juga memperoleh hak yang sama.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral