Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono (kanan) saat diwawancarai di Pasaman..
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Zulfikar

Gempa Besar di Laut Jawa Jarang Terjadi, BMKG Minta Jadi Perhatian Para Pakar

Minggu, 24 Maret 2024 - 11:58 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan gempa bumi dengan magnitudo cukup signifikan hingga mencapai 6,5 sangat jarang terjadi di Laut Jawa.

Oleh karena itu, ia mendorong pakar kebumian untuk melakukan kajian tentang potensi gempa bumi yang bersumber di Laut Jawa guna menyiapkan skema mitigasi ke depan.

"Ini jarang terjadi ya di Laut Jawa dengan magnitudo yang cukup signifikan mencapai 6,5 dan menjadi perhatian dari pakar kebumian," kata Rahmat Triyono, Minggu (24/3/2024).

Menurut Rahmat, dorongan kajian oleh pakar kebumian tersebut untuk melihat sejauh mana potensi yang bisa saja terjadi di Laut Jawa terkait aktivitas kegempaan.

"Jadi, kajian ini untuk melihat berapa potensi magnitudo maksimum di sana," kata dia.

Hal tersebut ditujukan untuk menyiapkan langkah mitigasi apabila terjadi kemungkinan terburuk seperti gempa bumi yang bisa saja disusul gelombang tsunami.

Apalagi, dari kajian yang ada, ancaman tsunami selama ini hanya diketahui di Pantai Selatan Jawa, Pantai Barat Sumatera dan lain sebagainya. Namun, khusus di pantai utara, BMKG tergolong minim menyampaikan adanya potensi rawan tsunami.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:35
02:56
03:32
02:20
01:02
12:54
Viral