Marcellus Hakeng Jayawibawa selaku pengamat Maritim dari Ikatan Alumni Lemhannas Strategic Center (IKAL SC).
Sumber :
  • Istimewa

Ahli Bocorkan Bahaya Gunakan Mobil Listrik saat Momen Mudik Idul Fitri

Minggu, 31 Maret 2024 - 02:39 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Tradisi mudik Hari Raya Idul Fitri di Indonesia selalu menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh jutaan orang untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat tercinta. 

Namun, dalam beberapa tahun terakhir muncul fenomena baru yang menarik perhatian berupa penggunaan mobil listrik dalam perjalanan mudik. 

Meski memiliki manfaat lingkungan yang jelas, pengangkutan mobil listrik melalui Kapal Feri membawa risiko yang patut diperhatikan.

Terutama terkait dengan potensi kebakaran yang terkait dengan baterai lithium-ion yang digunakan dalam mobil listrik.

Marcellus Hakeng Jayawibawa selaku pengamat Maritim dari Ikatan Alumni Lemhannas Strategic Center (IKAL SC) mengungkap pengangkutan mobil listrik ke Kapal Feri bisa menyebabkan risiko kebakaran.

"Kapal Feri adalah bagian penting dari sistem transportasi Indonesia, namun pengangkutan mobil listrik meningkatkan risiko kebakaran yang dapat mengancam keselamatan penumpang, awak kapal, dan lingkungan sekitar," kata Hakeng dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (30/3/2024).

Hakeng menjelaskan baterai lithium-ion yang umumnya digunakan dalam mobil listrik memiliki potensi untuk terbakar jika terjadi masalah atau kegagalan pada sistem baterai. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral