Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertajuk 'Konsep Strategi Pertahanan dan Keamanan IKN berbasis The Smart Defense and Security 5.0' di Jakarta, Rabu (3/4/2024)..
Sumber :
  • Istimewa

Komandan Sesko TNI: Pertahanan IKN Berbasis Smart Defense dan Artificial Intelligence

Rabu, 3 April 2024 - 20:41 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI (Sesko TNI), Marsekal Madya TNI Samsul Rizal menegaskan pertahahan Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi keutamaan bagi Indonesia. 

Sebab, kata Samsul Rizal, posisi IKN saat ini mendekat ke ancaman konflik di utara meski Indonesia tidak terlibat langsung tapi efek dan dampak konflik akan mempengaruhi.

Jenderal bitang tiga ini menganalisis terdapat tiga proyeksi ancaman bagi Indonesia di sekitar IKN. 

Pertama, militerisasi Pulau di Laut China Selatan oleh China. Kedua, pembukaan kembali pangkalan AS di Filipina, dan ketiga, ketegangan di Taiwan.

Hal itu disampaikan Samsul saat menjadi narasumber dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertajuk 'Konsep Strategi Pertahanan dan Keamanan IKN berbasis The Smart Defense and Security 5.0' di Jakarta, Rabu (3/4/2024).

“Perpindahan ibu kota membawa Center of Gravity (CoG) Indonesia mendekat ke berbagai proyeksi ancaman yang ada di Utara. Tidak secara langsung terlibat, tapi efek dampak dari konflik itu akan mempengaruhi,” kata Samsul Rizal dalam kegiatan tersebut, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Samsul Rizal memaparkan saat ini konflik telah mengalami peralihan dan memasuki peperangan generasi kelima yang menekankan pada aksi militer non-kinetik, seperti rekayasa sosial, mis-informasi, serangan siber, dan artificial intelligence (AI) yang sepenuhnya otonom.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
23:20
01:42
10:39
02:06
01:02
00:50
Viral