Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Dok. tvOnenews.com

Konflik Iran - Israel Memanas, Airlangga Hartarto Minta Partai Politik Indonesia Bersatu

Selasa, 16 April 2024 - 02:31 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyebut bahwa partai politik di Indonesia perlu bersatu untuk menghadapi situasi geopolitik saat ini usai konflik Iran dan Israel semakin memanas.

Airlangga menjelaskan, situasi ketidakpastian geopolitik ini disebabkan oleh serangan Iran ke Israel baru-baru ini yang juga berdampak pada ekonomi Indonesia.

"Nah hari-hari ini, kita ketahui bahwa situasi ketidakpastian meningkat, terutama akibat adanya serangan daripada drone Iran ke Israel ini mengakibatkan geopolitik menambah ketidakpastian," kata Airlangga dalam sambutannya pada acara Halal Bihalal Keluarga Besar DPP Golkar di Markas Golkar, Jakarta Barat, Senin (15/4/2024).

"Nah ini juga yang membuat kita seluruh partai politik perlu bersatu agar Indonesia bisa mengantisipasi dan melakukan dieskalasi daripada ketegangan Timur Tengah," imbuhnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu juga membahas terkait dampak serangan Iran ke Israel tersebut kepada perekonomian di Indonesia.

Menurutnya, jika situasi geopolitik ini masih terus berlanjut maka akan berdampak pada naiknya harga bahan bakar minyak di Indonesia. Dengan begitu, harga pangan juga akan ikut melonjak.

"Kita ketahui jumlah kapal di Terusan Suez itu ada 17.000 kapal, di Selat Hormus ada 30.000 kapal. Sehingga kalau ini terjadi eskalasi, kita tidak membayangkan harga BBM, naiknya cargo yang berakibat pada kenaikan komoditas, termasuk komoditas pangan," ungkap Airlangga.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:44
02:52
02:01
06:13
08:31
03:29
Viral