Jubir MK Fajar Laksono.
Sumber :
  • Sumber: Abdul Gani Siregar

Diterpa Narasi Kenegarawanan, Jubir MK Pastikan Para Hakim Tetap Independensi Putuskan Hasil Sengketa Pilpres

Rabu, 17 April 2024 - 12:15 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Polemik pesta demokrasi Pilpres 2024 masih terus bergulir, kini tengah berada di jalur Sidang Lanjutan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 (PHPU Presiden).

Para Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dituntutan sikap kenegarawanan dalam menyikapi sengketa hasil Pilpres 2024.

Juru Bicara (Jubir) MK, Fajar Laksono mewakili pihaknya memastikan para hakim akan mengambil keputusan secara independen.

"Saya tidak bisa menjawab secara pasti, tetapi yang bisa kami katakan adalah bahwa ini momentum bagi Mahkamah Konstitusi ya, dan tentu seberapa jauh Mahkamah Konstitusi menjadikan ini momentum itu tidak terlepas dari independensi," jelas dia, di Gedung MK, Jakarta Pusat, dikutip Rabu (17/4/2024).

Fajar menegaskan impersonalitas atau penilaian tanpa melibatkan perasaan harus dijaga terus, hingga nanti masyarakat dapat menilai bagaimana hasil keputusan Majelis Hakim MK terkait kasus sengketa Pilpres 2024.

"Sekarang kalau orang bertanya independensinya hakim MK seperti apa? Banyak orang bertanya-tanya tapi kita baru bisa menilai nanti ketika putusan mahkamah dibacakan," urainya.

"Begitu putusan dibacakan itu kan sudah menjadi penilaian publik dan publik boleh kemudian menyampaikan respons," sambung dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral