Ilustrasi Nyamuk Aedes Aegypti penyebab maraknya kasus DBD.
Sumber :
  • (Pexels/Anuj)

Keren, Kasus DBD Tidak Ditemukan di Kawasan Badui Pedalaman Lebak Banten, Patut Dicontoh!

Selasa, 23 April 2024 - 04:30 WIB

Lebak, tvOnenews.com - Wilayah kawasan Badui di pedalaman yang terletak di Kabupaten Lebak, Banten, menjadi salah satu tempat yang tidak terdeteksi adanya kasus penyebaran penyaki Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan dari Nyamuk Aedes Aegypti.

Awalnya seorang petugas Surveilans Puskesmas Cisimeut Kabupaten Lebak Mumuh Muhdiyat mencurigai adanya salah satu warga Badui diduga terjangkit penyakit DBD, yang membuat wilayah pedalaman di Lebak, Banten itu harus waspada.

"Awalnya terdapat satu warga Badui pada pertengahan April 2024 dicurigai DBD, karena kondisi suhu tubuhnya panas dingin, namun berdasarkan laboratorium hasilnya negatif," ujar Mumuh, Senin (22/4/2024).

Karena hasil dari laboratorium negatif dan tidak adanya kecurigaan terjangkit DBD, Puskesmas Cisimeut Kabupaten Lebak sebagai pelayanan kesehatan yang diberikan kewenangan untuk masyarakat Badui terus mengantisipasi penyakit yang berpotensi menular.

Sebab, pelayanan kesehatan untuk masyarakat Badui dianggap penting, pihaknya terus melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan setiap pekan.


Ilustrasi perempuan dari Suku Badui jemur padi di Kampung Kaduketug, Lebak, Banten. (ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas/rwa)

Kegiatan pelayanan kesehatan dari Puskesmas Cisimeut dilakukan secara rutin ke seluruh pemukiman yang ada di Badui.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral