Ilustrasi: Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.
Sumber :
  • Istimewa

Ketua dan Sejumlah Komisioner KPU Jalani Sidang Dugaan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu

Jumat, 26 April 2024 - 15:19 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dan sejumlah anggotanya menjalani sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) untuk perkara Nomor 19-PKE-DKPP/I/2024.

Selain Hasyim sebagai teradu 1, anggota yang turut disidang adalah anggota KPU RI Parsadaan Harahap sebagai teradu 2, anggota KPU RI Mochammad Afifuddin sebagai teradu 3.

Lalu, Ketua KPU Kabupaten Puncak Nataluis Tabuni sebagai teradu 4, dan anggota KPU Kabupaten Puncak Henky Tinal sebagai teradu 5.

Kelimanya diadukan oleh Nus Wakerkwa. Kuasa hukum pengadu Laode Muhammad Rusliadi Suhi mengatakan Hasyim, Parsadaan, dan Afifuddin diadukan karena tiga hal. Pertama, berkaitan dengan proses seleksi anggota KPU daerah.

“Kedua, tanggapan masyarakat dari kami yang memang tidak direspons secara baik, sehingga kami juga mempertanyakan hal-hal tersebut secara profesionalisme yang berkaitan dengan nilai-nilai penyelenggara pemilu,” jelas Laode dalam sidang di Kantor DKPP, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2024).

Terakhir, terkait dengan dugaan ketidakprofesionalitas atau tidak cermatnya Hasyim, Parsadaan, dan Afifuddin.

Selanjutnya, Laode menjelaskan Nataluis dan Henky diadukan karena adanya dugaan keterlibatan partai politik. Pihaknya menduga kedua orang itu masih aktif sebagai kader partai.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral