Rocky Si Orang Utan Setelah Dibius.
Sumber :
  • Arifin

Kerap Muncul di Perkebunan Warga, Petugas Bius Rocky Si Orang Utan

Selasa, 6 Juli 2021 - 14:57 WIB

Indragiri Hulu, Riau - Seekor Orang Utan bernama Rocky yang berusia 19 tahun ditemukan di perkebunan milik warga di sekitar objek wisata alam Bukit Selancang, Desa Aur Cina, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau. Warga pun langsung merekam video keberadaan orang utan ini dan rekaman tersebut viral di media sosial.

Tim gabungan dari Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, pihak kepolisian, aparat desa, dan tim pecinta satwa pun langsung menuju ke lokasi di mana orang utan itu muncul.

Sesampainya di lokasi, tim gabungan sempat kesulitan untuk menangkap Rocky. Mereka berupaya membius orang utan besar itu, tetapi dia berhasil menghindar dan kabur. Butuh waktu sekitar dua jam hingga tim gabungan berhasil menembak bius ke badan Rocky.

Dengan susah payah, petugas ramai-ramai mengevakuasi orang utan dewasa ini. Setelah dievakuasi, Rocky diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan.

Berdasarkan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh tim medis, Rocky dinyatakan dalam keadaan sehat. Rocky terpaksa dibius karena kemunculannya membuat warga resah.

Setelah dilakukan pemeriksaan secara keseluruhan maka petugas nantinya akan melepasliarkan orang utan ini ke kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT).

Sebelumnya Balai TNBT di Riau sudah pernah melepasliarkan Rocky. Primata itu di”rilis” pada tahun 2020 lalu. Berdasarkan pantauan Rocky tergolong orang utan yang mampu bertahan hidup di hutan dengan baik. (arifin/see/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral